Mahasiswa Unismuh Gelar Sosialisasi Pilkada di SMA 1 Pangkep

93
0

Mahasiswa Unismuh Gelar Sosialisasi Pilkada di SMA 1 Pangkep

Mahasiswa Unismuh yang sementara melakukan Kuliah Kerja Profesi (KKP) di kantor KPU Pangkep menggelar sosialisasi pelaksanaan pilkada bupati dan wakil bupati Pangkep tahun 2020 di SMA 1 Pangkep, Rabu, 13 November 2019.

Sosialisasi yang diikuti puluhan siswa kelas XII ini berlangsung dialogis. Beberapa siswa menanyakan terkait perilaku pemimpin hasil pemilu yang biasanya justru mementingkan kolega, keluarga dan golongannya dalam mencetuskan kebijakan.

Siswa lain menanyakan praktek money politik yang terkesan ada pembiaran oleh aparat. Selain juga usulan siswa kenapa di Indonesia belum menerapkan sistem pemilihan elektronik, seperti yang pernah dilakukan di negara Amerika.

Sementara itu komisioner KPU Pangkep, Saiful Mujib, yang bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan itu mengatakan, bahwa sejatinya di undang-undang telah jelas terkait larangan dan sanksi pidana bagi pelaku money politik, hanya saja untuk prosesnya, bagi masyarakat yang melihat bisa langsung melapor ke pengawas pemilihan.

“Hukumannya tiga tahun, jika dilakukan dimasa tenang menjadi mpat tahun penjara, jelas di undang-undang. Hanya saja prosesnya ada di Bawaslu. Untuk E Voting, kita belum berfikir kesana, karena berita-berita hoax saja masih banyak bersebaran di media sosial, masih sulit ditangkal,” ungkap Mujib.

Lanjut dikatakan Mujib, bahwa untuk mendorong lahirnya pemimpin yang sesuai dengan harapan bersama, maka penting untuk semua pihak untuk datang ke TPS, mencoblos pilihannya.

“Karena dengan tidak datang ke TPS, kita memberi peluang kepada orang yang tidak kita harapkan untuk duduk dan menjadi pemimpin, itu caranya. Selain dengan mengontrol kinerja mereka dan memastikan visi misi dan program yang mereka tawarkan saat kampanye itu diimplementasikan,” ungkap Mujib.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here